![]() |
PAI Kankemenag Purbalingga KUA Pengadegan Munas Afifi aktif melayani masyarakat, Senin (28/4/2025). (Foto: Munas Afifi) |
Purbalingga – Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Purbalingga Imam Edi Siswanto dari KUA Kalimanah dan Rahyanto Dwi Nugroho dari KUA Bukateja aktif melayani masyarakat, Selasa (29/4/2025).
Melalui jadwal piket yang terstruktur dari Kemenag Purbalingga di Mal Pelayanan Publik (MPP) Purbalingga, para petugas secara aktif hadir memberikan berbagai layanan keagamaan kepada masyarakat.Kehadiran Kemenag di MPP ini, menjadi wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah dalam menghadirkan pelayanan publik yang terintegrasi, efisien dan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.
BACA: https://iparipurbalingga.blogspot.com/2025/04/tiga-pesan-jaga-aqidah-silaturahim-dan.html
Setiap hari kerja, masyarakat dapat dengan mudah menjumpai petugas Kemenag di gerai MPP nomor 23 loket W. Mereka siap memberikan informasi dan konsultasi pengurusan dokumen terkait layanan keagamaan.
Beberapa layanan yang rutin diberikan antara lain informasi mengenai pendaftaran haji dan umrah, konsultasi pernikahan, informasi pendidikan keagamaan, hingga layanan terkait zakat, infaq dan wakaf.
“Kami melayani konsultasi haji, tamu dari Kecamatan Mrebet Ibu Anne” kata Munas Afifi PAI KUA Pengadegan yang bertugas pada Senin, (28/4/2025) kemarin.
Anne, mengaku mendapat pelayanan cukup baik dan memuaskan. ”Pelayanan sangat baik, membantu dan informasinya terbuka,” akunya dalam catatan buku kunjungan MPP Purbalingga loket 23 Kankemenag Purbalingga.
Kehadiran petugas yang ramah dan responsif ini disambut baik oleh masyarakat yang merasa terbantu dengan kemudahan akses layanan di satu lokasi. Info lanjut kunjungi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Online (PTSP Online) https://ptsp.kemenagpurbalingga.id/.
Keterlibatan aktif petugas Kemenag di MPP merupakan upaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan.
Hal ini juga menjadi sarana bagi para petugas untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, memahami kebutuhan mereka, dan memberikan pelayanan yang lebih personal.
Sinergi antara Kemenag dan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga melalui MPP ini diharapkan dapat menjadi kontribusi positif bagi Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang keagamaan.
Keberadaan gerai pelayanan Kemenag di MPP Purbalingga bukan hanya sekadar memberikan kemudahan administratif, tetapi juga menjadi ruang interaksi yang positif antara masyarakat dan pemerintah.
Petugas Kemenag yang bertugas tidak hanya memberikan layanan formal, tetapi juga membuka diri untuk berdiskusi dan memberikan pemahaman terkait isu-isu keagamaan.
Kolaborasi ini, semakin memperkuat citra Kemenag sebagai lembaga yang dekat dengan masyarakat dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Sebagai informasi, sekilas tentang MPP kabupaten Purbalingga bahwa MPP dirancang oleh KemenPANRB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) sebagai bagian dari perbaikan menyeluruh dan transformasi tata kelola pelayanan publik.
Menggabungkan berbagai jenis pelayanan pada satu tempat, penyederhaan dan prosedur serta integrasi pelayanan pada Mal Pelayanan Publik akan memudahkan akses masyarakat dalam mendapat berbagai jenis pelayanan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pelayanan publik. Informasi lanjut klik https://mpp.purbalinggakab.go.id/web.(*)
Kontributor: Imam Edi Siswanto
Setiap hari kerja, masyarakat dapat dengan mudah menjumpai petugas Kemenag di gerai MPP nomor 23 loket W. Mereka siap memberikan informasi dan konsultasi pengurusan dokumen terkait layanan keagamaan.
Beberapa layanan yang rutin diberikan antara lain informasi mengenai pendaftaran haji dan umrah, konsultasi pernikahan, informasi pendidikan keagamaan, hingga layanan terkait zakat, infaq dan wakaf.
“Kami melayani konsultasi haji, tamu dari Kecamatan Mrebet Ibu Anne” kata Munas Afifi PAI KUA Pengadegan yang bertugas pada Senin, (28/4/2025) kemarin.
Anne, mengaku mendapat pelayanan cukup baik dan memuaskan. ”Pelayanan sangat baik, membantu dan informasinya terbuka,” akunya dalam catatan buku kunjungan MPP Purbalingga loket 23 Kankemenag Purbalingga.
![]() |
PAI Kankemenag Kabupaten Purbalingga KUA Kalimanah Imam Edi Siswanto dan KUA Bukateja Rahyanto Dwi Nugroho saat bertugas di MPP Purbalingga, Selasa (29/4/2025). |
Kehadiran petugas yang ramah dan responsif ini disambut baik oleh masyarakat yang merasa terbantu dengan kemudahan akses layanan di satu lokasi. Info lanjut kunjungi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Online (PTSP Online) https://ptsp.kemenagpurbalingga.id/.
Keterlibatan aktif petugas Kemenag di MPP merupakan upaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan.
Hal ini juga menjadi sarana bagi para petugas untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, memahami kebutuhan mereka, dan memberikan pelayanan yang lebih personal.
Sinergi antara Kemenag dan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga melalui MPP ini diharapkan dapat menjadi kontribusi positif bagi Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang keagamaan.
Keberadaan gerai pelayanan Kemenag di MPP Purbalingga bukan hanya sekadar memberikan kemudahan administratif, tetapi juga menjadi ruang interaksi yang positif antara masyarakat dan pemerintah.
Petugas Kemenag yang bertugas tidak hanya memberikan layanan formal, tetapi juga membuka diri untuk berdiskusi dan memberikan pemahaman terkait isu-isu keagamaan.
Kolaborasi ini, semakin memperkuat citra Kemenag sebagai lembaga yang dekat dengan masyarakat dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Sebagai informasi, sekilas tentang MPP kabupaten Purbalingga bahwa MPP dirancang oleh KemenPANRB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) sebagai bagian dari perbaikan menyeluruh dan transformasi tata kelola pelayanan publik.
Menggabungkan berbagai jenis pelayanan pada satu tempat, penyederhaan dan prosedur serta integrasi pelayanan pada Mal Pelayanan Publik akan memudahkan akses masyarakat dalam mendapat berbagai jenis pelayanan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pelayanan publik. Informasi lanjut klik https://mpp.purbalinggakab.go.id/web.(*)
Kontributor: Imam Edi Siswanto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar